Traveling

#FamTripJateng Day 2 : “IBC Pekalongan, Tempat Belanja Batik Apik”

Masih seputar kegiatan #FamTripJateng nih, guys. Bersama rombongan #FamTripJateng, hari kedua saya meluncur ke Kota Pekalongan. Akhirnya, saya bisa juga menginjakkan kaki di Pekalongan, yuhuu…! Mengusung motto “Pekalongan kota BATIK (Bersih, Aman, Tertib, Indah, Komunikatif), kota ini menjadi salah satu kota yang turut memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Ya tentu salah satu sumbangsihnya adalah melalui industri batik yang terus berkembang pesat sampai saat ini di Pekalongan.

Berkunjung ke kota yang terkenal sebagai Worlds City of Batik tentu tidak lengkap rasanya jika tidak bersentuhan dengan aktivitas yang berkaitan dengan batik. Setelah sebelumnya banyak belajar Batik di Kampung Wisata Batik Pesindon seperti diceritakan oleh Mas Rivai, lalu melihat-lihat sejarah dan koleksi batik Indonesia di Museum Batik yang sempat membuat mbak Dewirieka terkesima, akhirnya sebagai penutup sebelum say goodbye to Pekalongan City adalah berkunjung ke International Batik Center and Craft (IBC).

IBC sebagai pusat bisnis dan perbelanjaan batik yang baru diresmikan pada 2 Oktober 2012 ini berada di lokasi yang strategis, yaitu di pinggir jalan raya pantura, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani Pekalongan. Sentra perdagangan batik yang satu ini bisa dibilang cukup berbeda dengan tempat belanja batik lainnya yang ada di Pekalongan.

Membawa embel-embel international tentu yang lekat dibenak setiap orang yang mendengarnya adalah kesan ‘wah’. Benar saja, sesampainya di IBC, saya disambut oleh bangunan yang besar dan terbilang megah. Area parkirnya pun cukup luas. Tidak menunggu lama, saya dan teman-teman segera masuk ke dalam setelah sebelumnya saya sempat foto-foto batu peresmian gedung IBC yang ada di dekat pintu masuk, hehee…

Batu Peresmian IBCMasuk ke ruangan paling depan, sekeliling nampak bersih dan rapi. Interiornya pun didesign dengan apik.IMG_5836[1]2015-05-06_12.40.28_(1)[1]Pengunjung bisa menemukan beberapa patung dengan bentuk yang unik di beberapa titik. Lumayanlah buat foto-foto lagi, hehee..

Patung_IBC_2[1]Masuk lebih jauh ke dalam, ternyata IBC menyediakan cukup banyak unit usaha batik sehingga memberikan beragam pilihan bagi pengunjung ketika berbelanja. Saya saja sampai bingung mau pilih yang mana. Bagus-bagus semua sih, kualitas juga tidak perlu diragukan.

2015-05-06_12.41.44_(1)[1]Soal harga, ketika melihat tempatnya, mungkin banyak yang berpikir kalau harganya pasti mahal-mahal, hmm…tidak perlu khawatir, banyak yang murah-murah dan tetap berkualitas kok. Nggak percaya? Coba tanya nih sama Mbak @MiyaKamila89 yang sempat sibuk bongkar-bongkar banyak batik di IBC sebelum akhirnya memutuskan untuk borong beli batik.

IMG_20150506_073112_(1)[1]Nah, selain fashion batik, di IBC pengunjung juga disuguhi berbagai macam craft batik yang unik dan tidak kalah menarik untuk diborong. Mulai dari hiasan dinding, hiasan meja, tempat tissu, dan masih banyak pilihan lainnya.

2015-05-06_12.31.30_(1)[1]Soal fasilitas, dari pengalaman saya selama berada di sana, tidak sulit menemukan fasilitas umum seperti toilet, musholla, atm center, bahkan tempat jajanan. Bagi saya, secara keseluruhan, berbelanja batik di IBC cukup nyaman dan menyenangkan. Cocok banget buat yang pengen berlama-lama belanja batik dengan suasana yang beda.

International Batik Center and Craft

Jl. Ahmad Yani (Wiradesa) No. 537 (Jalur Pantura)

Pekalongan, Jawa Tengah

http://www.internationalbatik.com

4 thoughts on “#FamTripJateng Day 2 : “IBC Pekalongan, Tempat Belanja Batik Apik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *