Semarang, Traveling

#FamTripJateng Day 1 : “Air Terjun Curug Sewu Kendal”

Seminggu yang lalu, jam 06.00 Wib pagi, saya dan teman-teman travel blogger Indonesia berkumpul di Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Kami akan melakukan perjalanan selama 3 hari ke beberapa tempat di daerah Pantura Barat dengan membawa bendera #FamTripJateng. Yey!! Jalan-jalan…! Kesempatan ikut #FamTripJateng bersama @visitjateng ini tidak saya sia-siakan. Kapan lagi bisa jalan-jalan dan seru-seruan bareng mengunjungi daerah wisata di Pantura Barat?? Hueehehe…

#FamTripJateng hari pertama dimulai di Kabupaten Kendal. Salah satu tujuan kami adalah ke Air Terjun Curug Sewu yang berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Letaknya kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Kota Kendal.

IMG_5503

Tadinya saya kira ada makna ‘air terjun seribu’ atau makna lainnya dari nama Curug Sewu, tapi ternyata nama air terjun tersebut diambil dari nama desa tempat dimana air terjun ini berada, yaitu di Desa Curug Sewu. Melewati jalur Weleri-Sukorejo yang berkelok, sebagai pembuka kami sudah lebih dulu disuguhi pemandangan apik di kanan kiri jalan sebelum akhirnya sampai di lokasi tujuan.

Air terjuuuuunnn…, brrr… mendengarnya saja sudah bisa membayangkan pasti akan bertemu dengan yang serba segar di sana. Hopss…dan benar saja, sesampainya di air terjun Curug Sewu, baru melihatnya saja mata sudah segar.

IMG_5508

Air terjun Curug Sewu termasuk unik loh. Dengan total ketinggian kurang lebih 70 meter, air terjun ini memiliki 3 tingkat terjunan yang masing-masing ketinggiannya adalah 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Jadi airnya tidak langsung jatuh seperti kebanyakan air terjun lainnya.

Hmm, tapi pemandangan air terjun Curug Sewu dari atas ini kurang seru kalau kita tidak turun ke bawah untuk melihat lebih dekat. Jadilah saya turun ke bawah untuk bisa lebih intim dengan suasana di air terjun Curug Sewu. Saya turun mengikuti jalan. Ebusettt, jalannya menantang bo’. Naik-turun naik-turun, jalannya juga berliku, fiuhhh…! Jalan yang harus dilalui cukup panjang.

IMG_5511

Kalau jalan turun sih bisa dilakukan dengan santai, tapi kalau naik? *tarik napas* Ya sudahlah, memang jalan ini yang harus dilalui untuk melihat keindahan Curug Sewu *pasrah* 😀

Jarak antara puncak dengan letak air terjun bagian bawah memakan waktu hampir 45 menit. Meskipun jalannya cukup curam dan lama, tapi rasa lelah terhapuskan oleh keindahan air terjun Curug Sewu. Nah, begitu tiba di bagian bawah, saya merasa antara beruntung dan tidak beruntung. Beruntung karena saya yang tidak biasa berolahraga ini bisa sampai ke bawah tanpa pingsan walaupun sedikit (banyak) ngos-ngosan. Beruntung pula karena bisa melihat keseluruhan air terjun tidak hanya dari ketinggian di atas, namun dari bagian bawah juga. Ternyata diliat dari atas ataupun bawah, air terjun ini pesonanya tetap luar biasa. Dua jempol.

IMG_5525

Selain pemandangan air terjunnya yang indah, konon katanya jika beruntung, kita bisa melihat pelangi di air terjun Curug Sewu. Nah, untuk yang satu ini saya termasuk tidak beruntung sebab tidak sempat melihat pelangi di air terjun Curug Sewu. Kalau ada yang penasaran mau intip-intip tentang pelangi di Curug Sewu saat itu, bisa dibaca tulisan mbak dewirieka, salah satu teman seperjalanan saya di #FamTripJateng, yang beruntung bisa menikmati ketika ada pelangi di Curug Sewu.

Melihat keindahan pemandangan, menikmati dinginnya percikan air, dan menghirup udara segar di Curug Sewu benar-benar membuat saya rileks dan sejenak melupakan kepenatan rutinitas pekerjaan. Buat yang lagi cari alternatif tempat liburan, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi air terjun Curug Sewu, salah satu surga kecil di Kabupaten Kendal. Dijamin pikiran dan hatinya bisa jadi segar lagi… 😀

6 thoughts on “#FamTripJateng Day 1 : “Air Terjun Curug Sewu Kendal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *